Pencapaian Kompetensi Mahasiswa Prodi D4 Kebidanan pada Mata Kuliah Asuhan Kehamilan Dengan Metode Pembelajaran Laboratorium Klinik di Laboratorium Ante Natal Care STIKES Karya Husada Kediri Competency Achievement of D4 Midwifery Study Program Students in Pregnancy Care Courses Using Clinical Laboratory Learning Methods at Ante Natal Care Laboratory STIKES Karya Husada Kediri

Main Article Content

Siti Asiyah

Abstract

Metode Pembelajaran laboratorium klinik  adalah melatih mahasiswa untuk berinteraksi langsung dengan ibu hamil dengan pendampingan lansung oleh dosen ( badside teaching ).  Tujuan Penelitian ini adalah menganalisa peningkatan kompetensi mahasiswa semester 2 Prodi D4 kebidanan setelah diterapkan metode pembelajaran laboratorium Klinik. Jenis Penelitian adalah  penelitian Tindak Kelas Desain  penelitian yang digunakan adalah Quassy experiment  dengan pendekatan one group pre test- post test. Variabel indipendent metode laboratorium klinik, variabel dependent  kompetensi mahasiswa pada mata kuliah Asuhan Kehamilan. Populasi adalah seluruh mahasiswa di Prodi D4 Kebidanan berjumlah 97 mahasiswa ,  tehnik sampling dengan proporsif sampling sampel penelitian  berjumlah 29 mahasiswa . Instrumen penelitian test subjektif dan  cek list unjuk kerja. Penelitian dilaksanakan  29 Mei -29 Juli 2017 bertempat di Laboratorium Ante Natal Care STIKES Karya Husada, analisa data dengan uji wilcoxon.  Hasil penelitian dari 29 mahasiswa  didapatkan kopetensi  dalam asuhan kehamilan setelah laboratorium dengan panhon  terbanyak  nilai BC 9 orang (31%) . Kompetensi  dalam asuhan kehamilan setelah laboratorium klinik  terbanyak  nilai A  26 orang (89.7%). Hasil analisis uji beda dengan Wilcoxon Signed Ranks Test didapatkan hasil nilai Z hitung = -4,649 dengan p value 0,000 > a 0,05 berarti ada perbedaan kompetensi mahasiswa semester 2 Prodi D4 Kebidanan antara sebelum dilaksanakan dengan setelah dilaksanakan bimbingan laboratorium  klinik Asuhan Kehamilan. Metode pembelajaran laboratorium klinik atau  bedside teaching ini masih jarang digunakan  meskipun dari penelitian ini juga membuktikan cukup efektif untuk meningkatkan kompetensi mahasiwa dalam Asuhan Kehamilan.

Article Details

Section
Antenatal Care

References

Adriaansz G,Hanifah T.2010,Ilmu Kebidanan Sarwono Prawiroharjo, edisi 4. PT Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo. Jakarta.

Arlym Triana L, 2012, Pembelajaran di laboratorium.

AinaMulyana, http://ainamulyana.blogspot.com/2015/03/pengertian-penelitian-tindakan-kelas.html.

Chamberlin G, Margon M, (2013) Asuhan Ante Natal EGC. Jakarta.

Depkes RI.2010. Standart Pelayanan Ibu Hamil 10 T. Jakarta

Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan (2010). Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas.

Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan (2010). Pedoman Pengembangan Instrumen Hasil Belajar. Jakarta : Depdiknas.

Efendi Mahmud dkk (2013 ) Model dan metode Pembelajaran di Sekolah. UNISSULA Press. Semarang.

Hendrike S, http://hendrikeksap.blogspot.co.id/2011/01/bedside-teaching.html.

Husain Farid(2014) Asuhan Kehamilan berbasis Bukti .CV Sagung Seto. Jakarta.

IBI (Ikatan Bidan Indonesia ), Depkes RI. 2006. Standar Pelayanan Kebidanan. Jakarta.

Indrayani (2011) Buku Ajar Asuhan Kehamilan. CV Trans Info Media.

Rochjati, Poedji. 2011. Skrining Antenatal Pada Ibu Hamil Ed 2 Pengenalan Faktor Resiko Deteksi Dini Ibu Hamil Resiko Tinggi/ Poedji Rochjati. Surabaya: Unair.

Rohson S Elisabeth (2013) Pathologi Pada kehamilan. EGC. Jakarta.

Sunendar Tatang, (2011) , penelitian tindakan kelas, LPMP Jabar (makalah).

Tim Dosen UPI (2011) Lesson study, UPI Bandung.

Tim Pengajar D4 Kebidanan. Buku Kurikulum Institusi D4 Kebidanan. (2014). STIKES Karya Husada. Kediri.

Tim Pengajar D4 kebidanan. Modul Praktikum Asuhan Kehamilan. 2014.

Varney Helen. 2006. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Ed 4, Vol 1. Jakarta: EGC.

Yulianti yuyu, http://midcare.blogspot.co.id/2012/02/metode-pembelajaran-laboratorium-dan.html