Pencapaian Kompetensi Mahasiswa Prodi D4 Kebidanan pada Mata Kuliah Asuhan Kehamilan Dengan Metode Pembelajaran Laboratorium Klinik di Laboratorium Ante Natal Care STIKES Karya Husada Kediri
Competency Achievement of D4 Midwifery Study Program Students in Pregnancy Care Courses Using Clinical Laboratory Learning Methods at Ante Natal Care Laboratory STIKES Karya Husada Kediri
Abstract
Metode Pembelajaran laboratorium klinik adalah melatih mahasiswa untuk berinteraksi langsung dengan ibu hamil dengan pendampingan lansung oleh dosen ( badside teaching ). Tujuan Penelitian ini adalah menganalisa peningkatan kompetensi mahasiswa semester 2 Prodi D4 kebidanan setelah diterapkan metode pembelajaran laboratorium Klinik. Jenis Penelitian adalah penelitian Tindak Kelas Desain penelitian yang digunakan adalah Quassy experiment dengan pendekatan one group pre test- post test. Variabel indipendent metode laboratorium klinik, variabel dependent kompetensi mahasiswa pada mata kuliah Asuhan Kehamilan. Populasi adalah seluruh mahasiswa di Prodi D4 Kebidanan berjumlah 97 mahasiswa , tehnik sampling dengan proporsif sampling sampel penelitian berjumlah 29 mahasiswa . Instrumen penelitian test subjektif dan cek list unjuk kerja. Penelitian dilaksanakan 29 Mei -29 Juli 2017 bertempat di Laboratorium Ante Natal Care STIKES Karya Husada, analisa data dengan uji wilcoxon. Hasil penelitian dari 29 mahasiswa didapatkan kopetensi dalam asuhan kehamilan setelah laboratorium dengan panhon terbanyak nilai BC 9 orang (31%) . Kompetensi dalam asuhan kehamilan setelah laboratorium klinik terbanyak nilai A 26 orang (89.7%). Hasil analisis uji beda dengan Wilcoxon Signed Ranks Test didapatkan hasil nilai Z hitung = -4,649 dengan p value 0,000 > a 0,05 berarti ada perbedaan kompetensi mahasiswa semester 2 Prodi D4 Kebidanan antara sebelum dilaksanakan dengan setelah dilaksanakan bimbingan laboratorium klinik Asuhan Kehamilan. Metode pembelajaran laboratorium klinik atau bedside teaching ini masih jarang digunakan meskipun dari penelitian ini juga membuktikan cukup efektif untuk meningkatkan kompetensi mahasiwa dalam Asuhan Kehamilan.
References
Adriaansz G,Hanifah T.2010,Ilmu Kebidanan Sarwono Prawiroharjo, edisi 4. PT Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo. Jakarta.
Arlym Triana L, 2012, Pembelajaran di laboratorium.
AinaMulyana, http://ainamulyana.blogspot.com/2015/03/pengertian-penelitian-tindakan-kelas.html.
Chamberlin G, Margon M, (2013) Asuhan Ante Natal EGC. Jakarta.
Depkes RI.2010. Standart Pelayanan Ibu Hamil 10 T. Jakarta
Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan (2010). Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas.
Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan (2010). Pedoman Pengembangan Instrumen Hasil Belajar. Jakarta : Depdiknas.
Efendi Mahmud dkk (2013 ) Model dan metode Pembelajaran di Sekolah. UNISSULA Press. Semarang.
Hendrike S, http://hendrikeksap.blogspot.co.id/2011/01/bedside-teaching.html.
Husain Farid(2014) Asuhan Kehamilan berbasis Bukti .CV Sagung Seto. Jakarta.
IBI (Ikatan Bidan Indonesia ), Depkes RI. 2006. Standar Pelayanan Kebidanan. Jakarta.
Indrayani (2011) Buku Ajar Asuhan Kehamilan. CV Trans Info Media.
Rochjati, Poedji. 2011. Skrining Antenatal Pada Ibu Hamil Ed 2 Pengenalan Faktor Resiko Deteksi Dini Ibu Hamil Resiko Tinggi/ Poedji Rochjati. Surabaya: Unair.
Rohson S Elisabeth (2013) Pathologi Pada kehamilan. EGC. Jakarta.
Sunendar Tatang, (2011) , penelitian tindakan kelas, LPMP Jabar (makalah).
Tim Dosen UPI (2011) Lesson study, UPI Bandung.
Tim Pengajar D4 Kebidanan. Buku Kurikulum Institusi D4 Kebidanan. (2014). STIKES Karya Husada. Kediri.
Tim Pengajar D4 kebidanan. Modul Praktikum Asuhan Kehamilan. 2014.
Varney Helen. 2006. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Ed 4, Vol 1. Jakarta: EGC.
Yulianti yuyu, http://midcare.blogspot.co.id/2012/02/metode-pembelajaran-laboratorium-dan.html
Copyright (c) 2018 Siti Asiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.