The Relationship Between Patient Satisfaction with Interest in Using Health Services in Pamekasan Pegantenan Health Center
Hubungan Antara Kepuasan Pasien dengan Minat Penggunaan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pegantenan Pamekasan
Abstract
Puskesmas is one of the public sector services that prioritizes of quality health services. Good service is the hope of every visiting patient so that later the patient has and interest to make a return visit if you want to do the examination. Customer satisfaction or disappointment of service will affect his behavior after that. Objective: Knowledge the relationship between patient satisfaction with the interest to re-utilize healthservices at Pamekasan Pegantenan Puskesmas. The method of this research use Analytic, research with cross sectional approach. The, population of the study was 136 people using accidental sampling obtained by the number of samples 101 people. The results of this research is from 101 respondent as many as 57 respondent (56,4%) said they were satisfaied with Puskesmas service and 85 respondent (84,2%) were interested to take advantage of health services at Pukesmas. The result of lambda test, it is found that p=0.0031 and α=0,05. So p<α, it means there is relationship. The conclusion of this reasearch istThere is relationship between patient satisfaction and interest in reusing health services provided by Pegantenan Pamekasan health center in May 2018
References
Afifah, Kunik, 2017. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien di Puskesmas Cangkriman Sleman. Skripsi Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Jendral Ahmad Yani : Yograkarta.
Alamsyah, D. (2011). Manajemen Pelayanan Kesehatan.Yogyakarta: Nuha Medika
Alamsyah, Dedi. 2012. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.
Ariani, Ayu Putri. 2014. Aplikasi Metodologi Penelitian Kebidanan dan Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Nuha Medika.
Arikunto, S 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010). Jakarta: Rhineka Cipta.
Bustami. 2011. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta : Erlangga
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, 2015. Profil Kesehatqan Provinsi Jawa timur. Surabaya.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2009. Undang-Undang Republik Indonesia No. 36 Tentang Kesehatan . Citra Umbara : Bandung.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Puskesmas. Kementerian Kesehatan Republik Indionesia : Jakarta.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2017. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Kemeterian Kesehatan Republik Indionesia : Jakarta
Munijaya, AA Gde. (2012). Manajemen Kesehatan. Jakarta: EGC.
Notoatmodjo,2012 Soekidjo. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. Penerbit PT Rineka Cipta.
Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta : Salemba Medika.
Puwoastuti, Endang dan Elisabeth Siwi Walyani. 2015. Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Republik Indonesia 2009. Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 144. Sekretaris Negara: Jakarta
Republik Indonesia, 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia no. 75 tentang Puskesmas, Jakarta : Kementrian Kesehatan.
Ririn Tri Ratnasari dan Mastuti H. Aksa. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia
Riyanto, Agus. 2011. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.
Sabarguna, B. 2004. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta Konsorsium Rumah Sakit Islam Jateng -DIY
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai : Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset.
Sari, Irine Diana. 2010. Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.
Saryono dan Mekar Dwi Anggraeni. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.
Siregar, Syofian. 2014. Statistic Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta
Wood,I, 2009. Layanan Pelanggan: Cara Praktis Murah dan Inspiratif Memuaskan Pelanggan Anda. Graha Ilmu : Yagyakarta.
Berry Fetherl, Diana Barsasella 2014. Analisis Sistem Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur 2014. Alumni Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Stikes Persada Husada Indonesia,Dosen Program Studi DIII Pikes Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. DOI: https://doi.org/10.33560/.v3i1.69
Damanik, M. (2014). Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas Sewon 1 Bantul. Skripsi, Ilmu Keperawatan. STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Deky Hartanto, 2014. Hubungan antara Kualitas Pelayanan Pegawai dengan Kepuasan dan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Nguter Sukoharjo. Program Studi Kesehatan Masyarakat. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Dwi Wahyuni, Liena Sofiana, 2015. Hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Tepus Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta .Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Eka Dewi Lestari, Samsualam, Reza Aril Ahri, 2017. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dan minat kunjungan ulang pasien di wilayah kerja puskesmas mandai kabupaten maros .
Fais Satrianegara1, Surahmawati 2, Asriani 2016. Faktor - Faktor Yang Behubungan Dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Pada Pasien Tb Paru di RSUD Labuang Baji. Makassar Bagian Administrasi Rumah Sakit FKIK UIN Alauddin Makassar2, 3Bagian Administrasi Kebijakan Kesehatan.
Halimatusa’diah, 2015. Hubungan Persepsi Terhadap Mutu Pelayanan dengan Minat Pemanfaatan Ulang Rawat Jalan Umum di Puskesmas Ciputat Timur Tahun 2015. Skripsi Program Studi Kesehatan Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah:Jakarta
Handayani, Y 2012. Hubungan Dimensi Kepuasan Pelayanan dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Inap di RS Hermina Depok. Tesis Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia: Jakarta.
Hartanto, Deky, 2014. Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Pegawai dengan Kepuasan dan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Nguter : Sukoharjo.
Husein ZM,2016. BPJS Kesehatan: Perlindungan Kesehatan atau Jasa Keuangan Negara. https: // indoprogress.com/2015/07/bpjs kesehatan-perlindungan kesehatan-atau jasa-keuangan-negara/ [diakses 09 Agustus 2016].
Prihata, J ,2009. Hubungan Antara Kepuasan Pelanggan dan Minat Untuk Memanfaaftkan Kembali Pelayanan Kesehatan di Puskesmas dengan Tempat Perawatan (DTP) di Kabupaten Cirebon. Tesis Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. No.1 :42-46.
Purba LABR. 2015. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Puskesmas Rawat Inap Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara Medan.
Indri Subekti , 2016. Hubungan Dukungan Suami Dengan Minat Ibu Hamil Mengikuti Senam Hamil Di Desa Tegorejo Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal. Unknown Jp Kebidanan Dd .
Jurnal 2015. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta BPJS Kesehatan Di Puskesmas Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. .
Jusriani, Junaid, dan Lisnawaty 2016. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Puskesmas Puriala Kecamatan Puriala Kabupaten Konawe. Jurnal. Universitas Halu Oleo.
Kunik Afifah, 2017 Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien di Puskesmas Cangkringan Sleman. Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Lisa Setia, Ruslan Muhyi, Husaini Husaini 2016. Pengaruh mutu pelayanan terhadap persepsi kepuasan pasien di laboratorium puskesmas kota banjarbaru .
Masye E. , 2015. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Instalasi rawat Inap D RSUP Prof. Dr.R.D Kandaou Manado. Jurnal. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado.
Natalya s. Rondonuwu, Nicky C,Sondakh Budi T. Ratag, 2014. Hubungan Antara Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Jasa Pelayanan Rawat Jalan dengan Minat untuk Memanfaatkan Kembali Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Ranotana Weru. Kota Manado.
Nur Fajri Istiqomah, 2016, Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Inap di Puskesmas Tambak Kabupaten Banyumas . Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahraga.
Pratiwi, N, Diah Ayubi. 2008. Hubungan Kepuasan Pasien Bayar dengan Minat Kunjungan Ulang di Puskesmas Wisma Jaya Kota Bekasi Tahun 2017. Makara Kesehatan Vol.12. DOI: https://doi.org/10.35308/j-kesmas.v5i1.1144
Rani Puji Lestari As, 2017. Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemeriksaan IVA di Puskesmas Tretep Kabupaten Temanggung Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta .
Ratnawati L. 2015. Hubungan Antara Persepsi Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien KIA Puskesmas Ngesrep Kota Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Rondonuwu, N. 2014. Hubungan Antara Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Jasa Pelayanan Rawat Jalan dengan Minat Untuk Memanfaatkan Kembali Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Ranotana Weru Kota : Manado.
Rumengan, D. S., Umboh, J. L., & & Kandou, G. D. (2015). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan pada Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado. Skripsi, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado.
Salahudin, 2008. Gambaran Kepuasan Pasien dan Hubungannnya dengan Minat Menggunakan Kembali Pelayanan Kesehatan Di Unit Rawat Jalan Umum Puskesmas Clang Kabupaten Aceh Jaya. Tesis Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.
Sibagariang HYBR. 2016. Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan Pasien Rawat Inap Pengguna BPJS di Puskesmas Sumbersari Jember. Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Jember,
Supartiningsih S. 2017. Kualitas Pelayananan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajamen Rumah Sakit ; 6(1): 9-15. DOI: https://doi.org/10.18196/jmmr.6122
Copyright (c) 2020 admin midwiferia; Siti Mudlikah, Iing Yuli Indrawati, Diani Octaviyanti Handajani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.